Wednesday, November 9, 2011

Perbandingan facebook dan twitter

Social media baru-baru ini berkembang dengan sangat massive, penggunanya bisa update dari detik ke detik, untuk informasi sehari-hari maupun untuk informasi yang sifatnya bisnis. Berikut akan saya paparkan perbandingan facebook dan twitter.

perbandingan facebook dan twitter


Inti dari social media semuanya sama, yaitu untuk berinteraksi sesama user. Itu saja, adapun ada yg menggunakannya untuk berjualan, itu tidak akan efektif. Social media lebih diutamakan untuk menjaring pengunjung ke blog atau website kita, atau yg lebih familiar disebut traffic.

Facebook adalah social media yang saat ini sedang di masa puncaknya, masalah privasi dan akses data user yang berlebihan menjadi masalah tersendiri. Dengan terlalu banyaknya informasi pribadi dan tidak bisa dibendungnya akses user lain bahkan admin facebooknya sendiri. Facebook lambat laun menjadi terlalu personal. Bahkan di Indonesia alasan orang mengapprove pertemanan hanya karena pernah ketemu. Pernah ketemu atau teman, yg pasti akses informasi kita sangat dipertaruhkan.

Sedangkan twitter sedang dalam masa evolusi yang sangat luar biasa. Bahkan google pun ingin bekerjasama dengan twitter. Kenapa kita tidak tertarik? Untuk masalah akses privasi, twitter sangat membatasi. Untuk profil kita hanya mengisi bio dengan karakter terbatas. Untuk postingan pun dibatasi 140 karakter, tidak terlalu spamming seperti di facebook. Dan yang paling penting itu TimeLine (TL) twitter hanya menampilkan sesuatu yg update. Informasi lama akan tertimpa informasi baru. Sehingga usernya dituntut untuk kreatif dalam update twit.

1 comment:

Najla said...

wah ternyata lebih bagus twitter ya... ya sih sekarang pengguna twitter sudah mengungguli pengguna facebook.. thanks.. nice share..